Saturday, December 17, 2005

[Seri IPTEK] Display 2005 di International FDP Expo

Yokohama, April 2005

Pada tanggal 20 April 2005 - 22 April 2005 telah diadakan 1st International Flat Panel Display Expo (1st Display 2005). Bertepatan dengan Expo ini ditempat yang sama yaitu Tokyo Big Sight juga diadakan 15th FPD R&D Manufacturing Technology Expo & Conference. Pada kesempatan ini penulis sempat berkunjung ke acara diatas pada tanggal 21 April 2005, dan mencatat beberapa teknologi mutakhir yang sedang dikembangkan oleh Perusahaan Elektronik di Jepang ini.

1. NEC
NEC membuat stand paling besar. Di stand ini dipamerkan aneka ragam display yang digunakan diberbagai bidang. Sebagai contoh NEC menampilkan display yang digunakan pada alat-alat rumah sakit, seperti diagnosa hasil rontgen tulang, tengkorak. Kita juga dapat melihat display yang digunakan untuk CAD/Computer Graphic, Broadcasting, FA Aplications/Measurement, POS Terminal/ATM Terminal, Mobile Applications.

2. Tohoku Pioneer
Tohoku Pioneer merupakan perusahaan yang pertama kali memperkenalkan OLED (Organic LED) pada pameran beberapa tahun terakhir. Pada Expo ini Tohoku Pioneer menampilkan OLED berukuran 2.4 inchi yang digunakan di Digital Camera merk Pioneer. Selain itu juga ditampilkan OLED pada beberapa Handphone dan juga radio kecil. OLED ukuran kecil 0.77 inchi juga ditampilkan pada Expo kali ini.

3. Sony
Sony menampilkan Televisi Proyektor terbesar saat ini yaitu 70 inchi. Terlihat banyak sekali pengunjung yang mengunjungi stand ini dan dengan antusiasnya banyak yang menanyakan proses dari Televisi Proyektor. Selain itu Sony juga menampilkan BackLight LED yang digunakan pada Televisi LCD dalam ukuran besar.

4. Sanyo-Epson
Sanyo-Epson juga menarik banyak pengunjung. Sanyo-Epson menampilkan 3 Dimensi Display berukuran 8 dan 12 inchi. Yang cukup menjadi pusat perhatian juga adalah Monitor yang sangat tipis (Ultra Thin Module). Ketebalan dari Monitor ini hanya 0.1 mm.

5. Canon-Toshiba
Yang menjadi pusat perhatian pada Expo ini adalah stan Canon-Toshiba. Seperti pada pameran CEATEC 2004, Canon-Toshiba memperkenalkan teknologi SED (Surface-conduction Electron-emitter Display). Pada pameran ini Canon-Toshiba membuat satu studio dimana pengunjung yang antri bisa sampai 100 orang. Rata-rata mereka menunggu 70 menit untuk sampai ke dalam Studio. Di dalam studio terdapat 3 jenis Display masing-masing, Plasma Display, SED dan LCD. Sambil membandingkan ke 3 Display tersebut, Narator memberikan penjelasan keunggulan-keunggulan dari SED. Diantaranya SED mempunyai waktu respon yang cepat sama dengan CRT Display. Ditampilkan huruf yang berjalan dari kanan ke kiri display. Plasma Display dan LCD meninggalkan gambar dibelakang huruf yang bergerak sehingga bentuk huruf tidak begitu jelas. Hal ini disebabkan waktu respon kedua display ini cukup lambat. Sedangkan SED menampilkan huruf yang jelas tanpa ada gambar dibelakang huruf tersebut. Warna kontras gelap 100.000:1 sedangkan warna kontras terang 85:1. Ditampilkan perhiasan putih diatas saputangan hitam. Dan warna hitam begitu bagus. Sedangkan Plasma display dan LCD tidak dapat menampilkan warna hitam yang pekat. Keunggulan dari SED ini juga terletak dalam menampilkan warna alami seperti warna hijaunya daun, warna coklat/kuning kulit manusia. Plasma Display dan LCD menampilkan warna kulit yang agak kekuningan dan sangat terang sekali, berbeda dengan warna kulit asli. Sedangkan SED menampilkan warna yang mendekati warna kulit. Daya listrik yang dibutuhkan SED juga lebih sedikit dibandingkan dengan Plasma Display dan LCD. Mengenai cara kerja SED dapat dilihat di Homepage Canon di : http://www.canon.com/technology/detail/device/sed_display/index.html

Tulisan ini dimuat di : http://www.beritaiptek.com/pilihberita.php?id=44

No comments: