Saturday, December 17, 2005

[Seri Berkarir bagian 2] Masa Percobaan

Yokohama, Agustus 2005

Tahun anggaran Jepang dimulai pada bulan April. Tak heran bila aku pun memulai karir di perusahaan Jepang pada bulan ini. Tiga bulan pertama menjadi masa percobaan. Asalkan tak ada masalah serius dan lulus masa percobaan, sudah sewajarnya status akan naik menjadi pegawai tetap.

Dalam masa percobaan, calon pegawai tetap (^-^; ) tidak diperkenankan untuk bekerja overtime, memulai dan mengakhiri pekerjaan harus sesuai dengan jadwal resmi. Misalnya, masuk jam 09:30, pulang jam 18:00. Pekerjaan selesai atau tidak, pegawai baru harus meninggalkan kantor. Tugas yang belum selesai dilanjutkan keesokan harinya. Pada masa percobaan ini aku bisa sampai rumah sekitar pukul 19:30 sehingga tersedia cukup waktu untuk bermain-main dengan anak atau berbincang-bincang dengan istri di rumah.

Tiga bulan pertama dibagi menjadi 2 sesi, 1 bulan pertama aku menghadiri presentasi dan beberapa training yang memang sudah disiapkan untuk pegawai baru. Sedangkan 2 bulan berikutnya aku mulai bekerja dikantorku. Robotik yang menjadi latar belakang pendidikanku semasa kuliah ternyata belum mencakup semua materi yang akan menjadi bagian pekerjaanku. Masih banyak hal-hal baru yang harus aku pelajari, seperti signal video, LCD, Core IC pada handycam, dll.

Pada masa percobaan, karyawan baru mendapatkan tugas untuk mengerjakan satu tema pekerjaan yang nantinya akan dipresentasikan di depan para Manager dan teman seangkatan. Tema pekerjaan ini cukup menantang bagiku karena banyak hal yang baru harus bisa aku aplikasikan, contohnya mendesign rangkaian listrik, mensimulasikan rangkaian tersebut dan memesan part-part yang diperlukan.Tentunya selain masalah pekerjaan, akupun harus mempelajari perusahaan-perusahaan mana saja yang biasa Sony gunakan sebagai supplier. Akupun belajar bagaimana cara membayar barang pesanan atas nama Sony, dll.

Pekerjaan-pekerjaan ini mungkin tak ada hubungannya dengan masalah teknik, tetapi pekerjaan ini ternyata berguna di kemudian hari ketika aku harus melakukan pekerjaan seorang diri. Dalam menyelesaikan pekerjaan ini, aku mendapatkan banyak pengarahan dari tutorku yang 3 tahun lebih dulu masuk Sony. Dia sangat semangat dalam membantuku, akupun tak akan lupa atas bantuannya. Dengan bantuannya aku bisa mempresentasikan pekerjaan pertamaku di Sony dengan lancar.

Setelah 3 bulan melalui masa percobaan, Alhamdulillah aku dinyatakan lulus.Sudah menjadi tradisi, pegawai-pegawai satu departemen mengadakan acara semacam welcome party untuk menyambut para pegawai tetap yang baru saja lulus masa percobaan. Senang sekali aku menjadi pegawai tetap. Mulai bulan Juli aku sudah bisa bekerja overtime, sehingga target pekerjaan yang harus diselesaikan, bisa dituntaskan tanpa menambah kewajiban di keesokan hari.

Tulisan ini dimuat di : http://www.pmij.org/article.php?id=138

No comments: