Sunday, December 06, 2015

[SKJ : Sharing Kehidupan di Jepang ke 1] My Number

[SKJ : Sharing Kehidupan di Jepang] My Number

Oleh : Endrianto Djajadi
http://www.endrianto-djajadi.blogspot.com

Sahabat-sahabat ... Sejak bulan Oktober - Desember 2015, Pemerintah Jepang mengeluarkan yang namanya : My Number. Mungkin ada di antara sahabat-sahabat yang belum mengetahui lebih detail dari My Number ini, jadi pada SKJ kali ini sedikit saya sharing mengenai MN ini. Surat dari City Hall atau Shiyakusho berisi informasi tentang MN kita, harap disimpan sebaik-baiknya. Bila ingin mendapatkan Kartu seperti Credit Card menggunakan IC dan ada foto kita, kita bisa apply ke Shiyakusho secara gratis.

MN ini terobosan baru dari pemerintah Jepang yang diberikan kepada orang Jepang maupun orang asing yang tinggal di Jepang. Baik yang sudah dewasa maupun anak-anak. Intinya semua penduduk yang terdaftar di City Hall semua mendapatkan My Number. Anak-anak pun mendapatkan Nomor masing-masing yang berbeda dengan kakak adik dan orang tuanya.

Beberapa hal yang menjadi lebih rapi dengan adanya MN.
1. Mengurangi berkas2 yang harus dilampirkan ketika mengurus surat2 penting.
2. Mempercepat proses2 di pemerintahan dengan keakuratan tinggi
3. Ketika ada bencana bisa dibuat daftar pengungsi dan dapat cepat mendapatkan bantuan
4. Pengurusan pajak bisa lebih baik
5. Pengelolaan Nenkin atau pensiun bisa lebih baik.

Selain itu, kalau sekarang ini bila kita ingin mendapatkan surat keterangan penduduk, kita harus membuatnya ke City Hall. Tapi dengan sistim yang baru ini kita bisa mengeprintnya di Convinience Store.

Per Januari 2017 direncanakan kita bisa mengakses data2 pribadi kita melalui Internet. Kita bisa melihat sejarah Vaksinasi anak2 kita, mengurus surat2 pindahan, mengetahui kondisi pembayaran uang pensiun dll.

Demikian sekilas info, mudah-mudahan bermanfaat.

No comments: