Friday, December 18, 2015

[SKJ : Sharing Kehidupan di Jepang ke 2] Sharing info untuk sahabat2 yang menggunakan Airasia (AA) ke Indonesia

Oleh : Endrianto Djajadi
http://www.endrianto-djajadi.blogspot.com
--------

Akhir tahun semakin dekat, tentunya ada di antara sahabat2 yang sudah mempunyai rencana untuk pulang ke Indonesia pada liburan musim dingin tahun ini. Dari beberapa maskapai, ada satu maskapai yang kali ini saya ingin sharing, yaitu Airasia. Karena saya sering melihat beberapa penumpang harus bongkar2 isi koper karena overload, sedikit saya ingin sharing pengalaman saya ketika mengantar keluarga pulang ke Indonesia.

Mudah2 an dengan berbekal tulisan ini tidak ada lagi di antara sahabat2 yang bongkar2 koper di bandara.

Selamat membaca.

Yokohama, 18 Desember 2015

--------------

Kemarin kebetulan saya mengantarkan ibu dan keluarga kakak ke Haneda Airport. Ada beberapa hal yang ingin saya sharing terkait barang bawaan bila menggunakan Airasia. Mudah2 an informasi ini bermanfaat.

1. Jumlah koper yang masuk bagasi.
Untuk koper yang masuk bagasi, AA menyediakan paket 20kg, 30kg, 40kg. Jumlah koper tidak dipermasalahkan. Misalnya kita pilih paket 30kg, kita boleh bawa 3 koper yang masing2 10kg. Asal total keseluruhan koper 30kg, kita tidak kena tambahan charge.

2. Berat maksimal 1 koper
Karena yang mengangkat koper ini adalah manusia juga maka AA menetapkan berat 32 kg sbg batas maksimal berat 1 koper. Kalau kita ambil paket 40 kg, kita harus menyiapkan minimal 2 koper. 1 koper 32 kg dan 1 koper 8 kg.
Hal ini yang jarang diketahui oleh penumpang yang akhirnya di airport harus membongkar koper dan mengurangi berat satu koper agar tidak lebih dari 32.kg.

3. Hitungan berat dibulatkan ke bawah
Misalnya koper ada 3 buah dengan berat masing2 : 10.3, 5.8, 11.9, maka AA akan menghitung total : 10+5+11 = 26 kg

4. Berat bagasi untuk 1 no booking bisa digabung.
Misalnya paket yang dipilih : ayah 20, ibu: 20, anak 30. Maka kita bisa memasukkan barang bagasi sampai 70 kg. Tetapi bila kita beli tiket dengan no booking yang berbeda maka koper akan dihitung satu persatu bila koper ayah 21 kg, akan kena charge tambahan 1 kg.

5. Hitungan kelebihan berat
Bila petugas AA baik, kelebihan 1-2 kg akan dimaafkan, bila petugasnya strict maka kita harus membayar charge tambahan. Kelebihan per 1 kg = 4.000 yen bila sampai Indonesia dan 2000 yen bila hanya sampai Malaysia. Karena charge ini cukup mahal, bila kita rasa berat bagasi akan over, sebaiknya 4 jam sebelum keberangkatan kita tambah berat bagasi melalui online. Misalnya dari 20 kg diupgrade menjadi 30 atau 40 kg. ini jauh lebih murah dibandingkan kena charge tambahan di airport.

Hal2 di atas hasil konfirmasi saya kepada pihak AA di counter AA di Haneda Airport.

Demikian sekilas info mengenai AA. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu'alaikum wr wb

Chiba, 29 Juli 2015

No comments: