Wednesday, December 23, 2015

[SKJ : Sharing Kehidupan di Jepang ke 3] General Check Up : Fasilitas kesehatan yang bagus di Jepang

Oleh : Endrianto Djajadi
http://www.endrianto-djajadi.blogspot.com/

Hari Kamis tanggal 17 Desember 2015, saya berkesempatan mengambil libur untuk mengikuti  General Check Up. General Check Up (GC) di Jepang ada 2 jenis, yaitu 健康診断 Kenkou Shindan (KS) dan 人間ドック Ningen Dokku (ND).

GC sudah menjadi program yang  merata di seluruh Jepang. Mulai dari siswa SD sampai pegawai kantor, semua diberi fasilitas untuk mengikuti GC secara gratis setiap tahunnya. Untuk pelajar, mahasiswa dan pegawai yang berusia di bawah 35 tahun, mereka mengikuti KS. Sedangkan khusus pegawai yang sudah berusia di atas 35 tahun, mereka diminta untuk mengikut ND. Selain pemeriksaan yang juga dilakukan ketika KS seperti pemeriksaan urine, rontgen dll, ada beberapa menu pemeriksaan tambahan bila kita mengikuti ND. Hari Kamis lalu untuk ke 2 kalinya saya mengikuti Ningen Dok.

KS diadakan setiap tahun, ada yang dilakukan dalam satu waktu, ada  juga yang dilakukan sesuai dengan bulan kelahiran kita. Misalnya kita lahir bulan Januari maka setiap bulan Januari tiap tahunnya kita akan mengikuti KS. Ada pula kantor yang memiliki kebijakan tambahan. Misalnya, pegawai yang kerja lembur sampai lewat jam 22:00 sebanyak 24 kali dalam 6 bulan, perusahaan akan memintanya untuk mengikuti KS. Ini salah satu bentuk perhatian perusahaan atas kesehatan karyawannya. Dan tentunya ini juga gratis.

Untuk KS, dokter dan para suster datang ke sekolah, kampus dan kantor. Ruang serba guna diubah menjadi stand-stand pemeriksaan. Dari pemeriksaan urine sampai kepada pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

KS di SD juga meliputi pemeriksaan gigi dan mata. Bila ada kelainan pada gigi atau mata, dokter yang memeriksa di sekolah akan memberikan surat rekomendasi kepada orang tua murid agar menindaklanjuti pemeriksaan gigi atau mata ke klinik spesialis gigi atau mata. Olehkarenanya KS ini sangat bermanfaat agar kita bisa mengetahui penyakit yang ada sedini mungkin.

Berbeda dengan KS, ND dilakukan di klinik atau Rumah Sakit. Beberapa bulan sebelum hari H, kita harus mendaftar lebih dahulu dan 1-2 pekan sebelum hari H, pihak klinik akan mengirimkan berkas pertanyaan yang harus kita isi beserta tabung kecil untuk Urine yang diambil dipagi hari pemeriksaan dan 2 tabung kecil untuk kotoran tinja hari pemeriksaan dan hari sebelumnya.

KS gratis tetapi ND tidak gratis. Biaya ND sekitar 50.000-60.000 yen dengan menu pemeriksaan yang banyak. Akan tetapi karena kita ikut asuransi maka kita hanya membayar 5.000-7.000 yen saja.

Hal-hal apa saja yang akan diperiksa dalam KS atau ND ?

1. Pemeriksaan Urine
Kalau KS kita mengambil urine di tempat pemeriksaan. Kalau ND kita diminta untuk mengambil urine di pagi hari pemeriksaan ketika buang air kecil pertama kali setelah bangun tidur.

2. Kotoran/Tinja
KS di kampus atau kantor biasanya tidak memgadakan pemeriksaan ini. Tetapi kalau KS di SD atau ND, kita diminta untuk mengambil sedikit kotoran kita dan dimasukkan ke tabung/kantung kecil yang sudah mereka sispkan. Biasanya kita harus mempersiapkannya di pagi hari pemeriksaan dan 1 hari sebelumnya.

3. Ketajaman mata
Ada lingkaran yang bagian atas atau bawah atau kiri atau kanannya terbuka. Nanti gambar tersebut akan muncul dari yang besar sampai yang kecil. Kita diminta menjawab bagian mana yang terbuka. Mata yang bagus sekitar 1.2 ke atas. Bila di bawah 1, guru di SD akan memberikan rekomendasi kepada orang tua agar anak kita di bawa ke dokter mata untuk diperiksa lebih detail.

4. Tekanan Darah
Kalau KS hanya diambil sekali saja tapi kalau ND sebanyak 2 kali.

5. Pengambilan Darah
Kalau KS hanya 2 botol kecil, tetapi ND diambil 4 botol karena banyak menu yang akan diperiksa.

6. Shindenzu / irama jantung
Alat dijepit di pergelangan kaki dan sebagian ditempelkan ke dada sebelah kiri. Hanya beberapa menit saja irama jzntung direkam.

7. Pendengaran
Kita akan diperdengarkan suara rendah dan tinggi sebelah kiri dan kanan. Bila terdengar kita diminta untuk menekan tombol yang telah disediakan.

8. Rontgen paru-paru
Kalau KS paru-paru hanya difoto tampak muka. Kalau ND foto diambil tampak muka dan samping.

Pemeriksaan di atas adalah pemeriksaan yang biasa dilakukan ketika KS dan ND. Untuk ND ada beberapa pemeriksaan tambahan.

9. Pemeriksaan pernafasan.
Kita diminta untuk mengambil nafas dalam2 dan mengeluarkannya sampai habis.

10. Pemeriksaan bola mata
Urat-urat mata dan tekanan mata diperiksa. Bola mata kiri dan kanan difoto dan untuk mengukur tekanan dalam mata kita, ada sedikit angin yang dipancarkan ke bola mata kita.

11. Echo organ / USG organ dalam
Seperti halnya USG kehamilan, perut kita diberi gel dan USG dimulai dengan menekan2 bagian perut dari atas, dari samping kiri dan dari samping kanan. Dengan USG kita kita bisa mengetahui keadaan hati, pankreas, empedu, ginjal dll.

12. Pemeriksaan Lambung
Di Jepang ada 2 jenis pemeriksaan. Yaitu dengan memasukkan kamera kecil ke dalam mulut atau meminum balium berwarna putih. Saya selalu memilih balium ketika ND.
Diawali dengan memasukkan serbuk soda ke dalam mulut kemudian meminum cairan kental berwarna putih. Tidak boleh ada udara yang keluar dari mulut. Setelah itu posisi alat berubah sehingga posisi badan seperti orang tidur. 5-6 kali diminta untuk berputar / guling2 agar cairan putih yang kita minum tersebar merata di dalam lambung. Mereka akan memfoto dengan xray leadaan lambung. Kadang alat berputar hingga posisi kepala lebih rendah dari kaki. Setelah pengambilan foto lambung dari berbagai posisi selesai,  kita diminta untuk meminum obat agar cairan putih itu bisa cepat keluar dari lambung. Karena tidak baik kalau cairan itu mengendap di lambung.

Demikian sekilas tentang KS dan ND, mudah-mudahan kita yang diberi fasilitas ini bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sehingga penyakit-penyakit yang berbahaya bisa kita ketahui sedini mungkin.

Selamat mencoba !!!

Chiba, 23 Desember 2015


No comments: