Thursday, February 13, 2020

[SKJ : Sharing Kehidupan Jepang ke 18] Perpanjang Paspor di KBRI Tokyo

Perpanjang Paspor di KBRI Tokyo

Oleh : Endrianto Djajadi

Hari ini Rabu 12 Feb 2020 saya akan memperpanjang Paspor yg sudah hampir 5 tahun, tanggal habis Juli 2020.

Prosesnya sangat cepat, tdk sampai 5 menit, jempol untuk KBRI Tokyo bagian Imigrasi. 

Saya datang sekitar jam 10:00 dan mengambil Nomor antrian sesuai keperluan. Alhamdulillah di bagian Paspor RI hanya 1 orang di depan saya. Sebelum berangkat saya sudah menyiapkan berkas2 yang tertulis di web ini :


Saya bisa download Formulirnya di web di atas dan mengisinya di rumah. 

Setelah menunggu beberapa saat, giliran saya dipanggil. Semua berkas dicek dan OK. 

Proses selanjutnya adalah pengambilan Foto dan 10 Sidik Jari. Ini hal yang baru bagi saya. Padahal di web di atas tertulis seperti ini :

Pemohon paspor harus datang sendiri ke kbri Tokyo untuk pengambilan foto biometrik dan sidik jari serta proses   wawancara di depan petugas serta tidak bisa diwakilkan.

Saya tidak siap2 untuk difoto sehingga datang dgn kaos dan sweater saja. Alhamdulillah saya pakai jaket yg ada kerahnya sehingga berfoto pakai jaket. 

Setelah itu saya diminta untuk membeli materai yang ada di dekat pintu masuk. Untuk paspor biasa 3.250 yen. 

Terakhir petugas bertanya paspor akan diambil atau dikirim. Kalau diambil boleh juga diwakili oleh istri atau keluarga yang lain dengan menyertakan Surat keterangan bahwa paspor akan diambil oleh istri dan Fotocopy Residence Card istri. 

Rencana 3-4 hari paspor akan jadi dan ketika nanti mengambil paspor, kita tidak perlu antri. Bisa langsung memintanya ke petugas yang ada. 


Seperti yang saya tulis di atas, pelayanannya cepat, tdk sampai 5 menit selesai.  Mantul (Mantap Betul). Terima kasih atas layanan cepatnya. 

No comments: